Ini Mantan Pemain Bola Pertama Yang Menjadi Presiden

Posted by

George Weah, bekas pemenang FIFA World Player of the Year pada tahun 1995 menciptakan sejarah setelah memenangi pemilihan presiden di Liberia. Dia dilantik sebagai Presiden Liberia yang baru hari ini, (27/12/2017).

Dengan kemenangannya dalam pilpres ini, Weah menjadi pemain bola pertama yang menjadi kepala negara setelah gantung sepatu.

Weah memenangi pilpres putaran kedua untuk diangkat oleh rakyat Liberia menggantikan mantan Presiden, Ellen Johnson Sirleaf, seorang lulusan jurusan ekonomi dari Havard dan pemenang Hadiah Nobel 2011.

Pilpres putaran kedua ini dijalankan setelah Weah, yang turut menang dalam putaran pertama, tidak mencapai suara minimal 50%.

Menurut sumber media di Liberia, Weah memperoleh suara sekitar 80 persen pada putaran kedua.

Weah yang mewakili Congress for Democratic Change (CDC) mengalahkan pesaingnya, Joseph Boakai, calon berusia 73 tahun dari Unity Party (UP) yang menjabat wapres Liberia sejak 12 tahun lalu.

Kedua calon presiden ini mempunyai visi dan misi yang hampir sama; untuk memulihkan ekonomi Liberia dan memperbaiki proyek infrastruktur. Weah merupakan calon yang lebih populer, terutama kepada golongan muda Liberia.

Mantan pemain Sriwijaya FC, Zah Rahan Krangar ikut menyampaikan dukungannya kepada Weah.

Sebanyak 2.2 juta rakyat Liberia masuk ke bilik suara untuk memilih presiden baru yang bakal punya tugas berat memulihkan ekonomi negara mereka yang dipengaruhi oleh perang saudara (berakhir pada 2003) dan Ebola.

Meskipun belum ada keputusan resmi, Weah sudah optimistis bakal menang.

Weah adalah satu-satunya pemain di dunia yang pernah memenangi anugerah pemain terbaik Afrika, Eropa dan Dunia pada musim yang sama. Dalam penganugerahan FIFA World Player of the Year 1995, Weah menyerahkan trofi tersebut kepada Arsene Wenger sebagai simbolik untuk mengenang jasanya.

Weah hanya berkesempatan memperolehi ijazah sekolah menengah pada tahun 2006 – pada usia 40 tahun dan 3 tahun setelah gantung sepatu. Dia mendapat gelar sarjana dari Universitas DeVry Florida pada tahun 2011 dan master di universitas sama pada 2013.

Salah satu yang paling diingat dari Weah adalah gol dengan berlari sepanjang lapangan saat membela AC Milan lawan Verona tahun 1996.

Weah pernah kalah pada Pilpres 2005. Rakyat saat itu ragu dengan kualitas pendidikannya yang rendah dengan lawan lulusan Harvard.

 

Sumber : sportlova.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *